6 Tips Trik Memilih Membeli USB Flashdisk yang Bagus Baik

6 Tips Trik Memilih Membeli USB Flashdisk yang Bagus Baik
Flashdisk adalah bawaan wajib bagi seorang pengguna internet. Entah untuk menyimpan file-file atau cuman punya aja. Banyak orang memiliki flashdisk. Ada yang berkapasitas kecil, ada yang berkapasitas besar. Namun, apakah mereka telah memperhitungkan dengan matang sebelum memilih dan membeli flashdisk?
Berikut 6 Tips Trik Memilih Flashdisk yang Bagus :

  1. Software Support atau Dukungan Software
    Software aslin flashdisk yang bagus akan memengaruhi kinerja flashdisk. Maka dari itu jika software flashdisk bagus, otomatis kualitas flashdisk juga bagus.
    Anda dapat memilih flashdisk yang memiliki chip pengontrol di setiap unitnya. Chip pengontrol ini akan memudahkan Anda  untuk meng-install USB flash disk dengan berbagai macam software portabel, seperti: Security Software, Partition Software, File Synchronization, dan lain-lain. Security Software sangat penting dalam memastikan data sensitive Anda  tidak jatuh ke tangan orang tak berwenang.
  2. Perhatikan Kecepatan Transfer Data
    Saat ini, kecepatan transfer data USB Flashdisk adalah 2.0 yaitu berkisar antara 14 Mb/s hingga 24 Mb/s, namun kecepatan tersebut akan menurun jika menggunakan kabel USB atau USB hub. Walaupun USB 2.0 memiliki kecepatan lebih baik dari USB 1.1, dengan kecepatan 1.5 Mb/s. Jangan khawatir, umumnya flashdisk saat ini memiliki kecepatan yang standard, yaitu 2.0
  3. Design dan Kelengkapan
    Perhatikan desain flashdisk yang bagus (bagus dalam hal ini yang sesuai selera) tapi perhatikan juga adalah kelengkapan produknya, seperti tali gantungan, tutup casing flashdisk, paket CD driver, fasilitas anti air, pengunci manual di luar casing, kabel USB, dan aksesoris lainnya.
  4. Kapasitas
    Sesuaikan kapasitas flashdisk yang ingin Anda beli dengan kebutuhan. Jika Anda adalah tipe orang yang suka ngegame bisa jadi Anda memilih yang berkapasitas besar saja, soalnya bisa muat untuk copy game. Namun, jika Anda ingin beli flashdisk hanya untuk pegangan, maka pilihlah kapasitas yang sedang saja. Sesuaikan juga dengan kondisi dempet Anda, karena flashdisk yang berkapasitas besar dengan kapasitas kecil memiliki nominal harga yang berbeda.
  5. Garansi
    Flashdisk yang bagus pasti memiliki garansi. Garansi sebisa mungkin life time, namun pemakaian rata-rata flashdisk pada umumnya hanya sekitar 2 hingga 3 tahun, bisa karena bosan memakainya atau mungkin kamu membutuhkan kapasitas yang lebih besar. Hal inilah yang menjadi dasar anggapan bagi sebagian orang bahwa masa garansi cukup hanya 2 hingga 3 tahun.
  6. Perhatikan Informasi Manufaktur, Distributor, dan Merek
    Pilihlah flashdisk yang handal dan memiliki service center yang jelas. Anda harus memastikan kebenaran informasi mengenai produsen dan distributornya, dan cara menghubungi mereka. Hal ini berguna jika kamu misalnya mengalami masalah dengan flashdisk, atau klaim garansi, ketika outlet tempat kamu membeli flashdisk tidak bersedia melayani klaim kamu.

Note: Merk flasdisk yang terkenal biasanya ada bajakannya alias palsu. Jadi, telitilah memilih flasdisk yang bagus dengan merek yang asli.

No comments:

Post a Comment